Pages

Minggu, 18 November 2012

Tips menghadapi semester

      Assalamu ‘alaikum adik-adik…nah sekarang kita sudah tiba di penghujung bulang Maret, dimana kita akan mengikuti ujian tengah semester. Kakak harap adik-adik semua sudah siap. Berikut ini, kakak mau memberikan beberapa saran atau tips kepada adik-adik di dalam menghadapi ujian.
Pertama, sebelum belajar berdo’alah kepada Allah untuk diberikan tambahan ilmu dan bisa memahami pelajaran dengan mudah.

Kedua, baca berulang-ulang pelajaran yang diberikan oleh bapak atau ibu guru kemudian minta orang tua atau kakak untuk membuatkan soal sederhana, agar-agar adik-adik bisa langsung mempraktekkan menjawab soal-soal.
Ketiga, tidur di awal waktu atau sehabis sholat Isya, kemudian bangun sebelum sholat shubuh, baca Al-Qur’an sebentar lalu baca pelajaran yang akan diulangkan untuk menguatkan ingatan adik-adik.
Keempat, siapkan peralatan dan perlengkapan sekolah, seperti tas, buku, pensil, pulpen, penggaris, penghapus, rautan, dan lain sebagainya.
Kelima, sebelum berangkat santap dulu sarapan paginya biar nanti ketika ulangan, adik-adik bisa konsentrasi dan tidak mikiran makanan.
Keenam, kurangi bermain dan sibukkan diri untuk menghafal pelajaran, baik rumus ataupun kosa kata.
Ketujuh, masuk kelas dengan tertib, rapi dan teratur serta jangan mengganggu teman.
Kedelapan, baca do’a sebelum memulai menjawab soal-soal ulangan agar Allah SWT memberikan pemahaman yang banyak dan menambahkan ilmu kepada adik-adik dan ingatan adik-adik terhadap pelajaran menjadi kuat, karena Allah-lah yang memberikan ilmu kepada adik-adik.
Kesembilan, percaya diri dan yakin bisa menjawab soal-soal ulangan dan  tidak perlu menyontek dari jawaban teman-teman, takutlah kepada Allah karena  menyontek itu perbuatan yang tidak baik. Orang yang cerdas dan pintar adalah orang yang takut kepada Allah.
Kesepuluh, ucapkanlah Alhamdulillah ketika adik-adik sudah menyelesaikan semua soal yang diberikan oleh bapak dan ibu guru.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Sumber: http://eltelu.blogspot.com/2012/09/cara-membuat-tab-menu-horizontal.html#ixzz2BFaZzAnR Sumber: http://eltelu.blogspot.com/2012/09/cara-membuat-tab-menu-horizontal.html#ixzz2BFaZzAnR
Sumber: http://eltelu.blogspot.com/2012/09/cara-membuat-tab-menu-horizontal.html#ixzz2BFb1brMI